Waspada Teknisi AC Penipuan, Curang dan Tidak Jujur

Waspada Teknisi AC Penipuan, Curang dan Tidak Jujur

Bertempat tinggal di daerah tropis seperti di Indonesia ini yang cuacanya kadang berubah-ubah dan menyebabkan hawa yang panas, atau lembab dan berdebu.

Sehingga hal ini membuat masyarakat Indonesia memiliki AC atau pendingin ruangan di rumah mereka yang biasanya terpasang di kamar tidur atau di ruangan lainnya.

Tidak hanya di rumah saja, gedung perkantoran dengan ruangan yang tertutup juga membutuhkan AC agar tidak pengap dan panas, yang membuat tidak nyaman.

Oleh sebab itu, apabila kita mempunyai AC di rumah, tentunya wajib untuk dilakukan pengecekan rutin secara berkala atau mungkin perbaikan apabila AC mengalami kerusakan.

tukang ac terpercaya

Maka tak heran, apabila kita membutuhkam layanan jasa tukang servis atau teknisi AC yang kompeten di bidangnya. Meskipun harus merogoh biaya lebih untuk perawatan apabila menggunakan jasa para teknisi AC.

Waspada Penipuan Teknisi AC

Namun, sebelum memilih layanan jasa tukang servis AC atau teknisi AC sangat perlu dilakukan ketelitian dan memilih yang terpercaya. Termasuk saat memilih jasa teknisi AC melalui media digital atau online sesuai dengan perkembangan jaman.

Kemudahan mengakses internet dalam smartphone juga menghadirkan banyak usaha layanan AC atau jasa teknisi AC di media digital.

Namun, sekali lagi perlu kita waspadai dan berhati-hati saat memilih layanan jasa teknisi AC di era digital atau online ini. Pasalnya, mungkin saja ada penyedia layanan jasa servis AC yang ‘nakal’ dan suka menipu para konsumennya demi mencari keuntungan sebanyak-banyaknya.

Lalu, aspek atau poin apa saja yang harus kita nilai saat memilih layanan jasa servis atau teknisi AC agar tidak terjadi penipuan atau kecurangan.

1. Kejujuran dari teknisi atau tukang servis AC itu sendiri.

Banyak juga orang yang tertipu oleh tukang servis atau teknisi AC yang rakus dan curang karena ingin meraih keuntungan lebih.

Para tukang servis AC ini bisa menipu dengan customer atau pelanggan dengan banyak cara atau hal, salah satunya yaitu menganjurkan pengisian Freon yang tidak semestinya. Selain itu, ada juga yang melakukan kecurangan dengan mengatakan kerusakan AC yang lebih parah dari kondisi sebenarnya.

2. Tidak tepat janji atau molor waktu

Saat kita sedang banyak aktivitas padat dan kemudian melakukan janji dengan teknisi AC tersebut, mereka tidak tepat janji atau molor waktu hingga berjam-jam. Hal ini tentunya membuat kita jadi kesal. Padahal ketepatan waktu kedatangan tukang servis AC atau teknisi AC ini adalah hal penting yang bisa menentukan baik buruknya impresi seseorang.

3. Harga layanan jasa servis AC yang dikenakan

Harga merupakan faktor utama untuk memengaruhi keputusan kita dalam menentukan pilihan terhadap ahli servis AC. Namun, ada baiknya apabila kita mengetahui terlebih dahulu harga layanan jasa servis AC di pasaran. Dengan itu, kita bisa membandingkan lebih dari satu atau beberapa teknisi AC terlebih dahulu agar terhindar dari penipuan dan pemerasan harga.

4. Pemberian garansi

Beberapa tukang servis AC juga berani memberikan garansi atas hasil layanan mereka sebagai bentuk tanggung jawab.

Dengan hal ini, dapat meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan terhadap penyedia jasa yang disewanya tersebut.

5. Mau memberikan informasi kepada pelanggan

Ketanggapan dalam melayani pelanggan atau customer adalah salah satu kriteria tukang servis AC atau teknisi yang berkualitas.

Teknisi AC yang baik, tentunya mau menjawab dan menjelaskan secara informatif semua pertanyaan dan keluhan pelanggan tersebut mengenai AC yang dimiliki.

Maka dari itu untuk menghindari adanya kecurangan atau penipuan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Apalagi dalam mencari ahli AC dalam media digital atau online berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa membantu kita:

  1. Sebaiknya mencari layanan servis AC yang mudah dihubungi via telepon atau Whatsapp. Dengan adanya nomor yang bisa dihubungi baik via telepon atau Whatsapp kita bisa mengetahui kapan jadwal tindakan unit AC ke rumah kita tersebut.Alasan lainnya, kita juga bisa menanyakan hal apa daja mengenai permasalahan atau kerusakan yang dialami oleh AC kita tersebut. Begitu pun dengan masalah tarif harga yang ditawarkan saat kita memesan layanan jasa servis AC via online.
  2. Sebaiknya cari layanan AC yang jujur dan transparan dalam penawaran harga. Dengan adanya tranparansi tarif harga yang diberikan, hal ini agar kita bisa mengukur kemampuan anggaran dalam menyewa layanan jasa mereka.Selain itu kita juga bsia membandingkan harga dengan layanan jasa lainnya di pasaran.
  3. Berusaha mencari tukang servis AC yang jujur atau bisa dipercaya. Hal ini perlu sekali dilakukan untuk menghindari atau meminimalisir praktek curang dari oknum yang tidak bertanggung jawab.Misalnya: kita saat melakukan permintaan layanan jasa cuci AC, kemudian ada beberapa teknisi AC yang menawarkan untuk menambah freon sebab mungkin dengan alasan AC tidak dingin. Hal ini mungkin bisa saja benar dan bahkan ada teknisi AC yang langsung saja membebankan biaya isi freon kepada orang tersebut.Agar kita terlepas dari kecurangan ini, sebaiknya bertanya terlebih dahulu sebelum kemudian melakukan order jasa. Biasanya teknisi AC yang jujur akan memberikan penjelasan secara lengkap, termasuk beban biaya yang harus dibayarkan kepada pelanggan.Lalu, setelah mendapat ijin dari pelanggan, barulah teknisi AC tersebut melaksanakan aksinya.
  4. Yang terakhir jangan lupa untuk mengawasi tukang servis atau teknisi AC saat melakukan pekerjaannya, agar kita bisa terhindar dari praktek curang atau penipuan oleh mereka.

Respon Cepat 24 Jam Hubungi Kami