Cara Mencegah AC Bocor di Rumah Secara Mandiri

Penyebab AC Bocor: Coba Betulkan Secara Mandiri

Adapun hal utama yang bisa menjadi penyebab AC bocor adalah karena jarang di-service dan biasanya ini terjadi dalam waktu kurang lebih 6 bulan setelah pembelian. Maka dari itu, kebocoran pada AC ini bisa dikatakan lumrah apabila tidak di-service setiap 3 bulan sekali.

Beberapa penyebab dari AC bocor sering di alami

Beberapa penyebab dari AC bocor sering di alami

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengetahui apa penyebab dari AC bocor dan juga cara mengatasinya seperti berikut ini.

1. Keluar air dari AC karena proses kondensasi

Secara umum, AC memang mengeluarkan air yang mana ini adalah bagian dari sistem kerja alat itu sendiri. Hal ini karena proses alami pipa dan dalam istilah AC disebut dengan kondensasi yang mana dapat terjadi akibat perbedaan suhu tinggi di dalam pipa dengan suhu yang berada di luar.

Keadaan ini umumnya akan terjadi pada AC yang sudah digunakan lebih dari 5 tahun akibat pembungkus pipa atau Armaflex tidak layak pakai. Maka dari itu, sangatlah penting untuk selalu melakukan perawatan pada AC secara berkala.

Kemudian, guna mengatasi masalah ini tentunya dengan mengganti pembungkus pipa yang baru dan ingatlah cara memasangnya dengan benar untuk menghindari celah atau kebocoran.

Baca Juga : Cara Mengetahui Kapasitor AC Rusak

2. Saluran pembuangan air tersumbat

Tersumbatnya aliran pembuangan air rembesan pada AC juga bisa menjadi penyebab kebocoran. Biasanya ini terjadi karena adanya debu dan kotoran yang menumpuk di dalam AC.

Umumnya, air tetesan dalam unit akan keluar saat AC menyala melalui saluran pembuangan. Namun apabila terjadi penyumbatan pada saluran pembuangan atau penuh dengan kotoran yang melekat, sehingga ini bisa menghambat proses pembuangan air keluar dari unit indoor.

Cara mencegahnya adalah dengan rutin membersihkan saluran pembuangan di bagian talang belakang AC. Dengan jalan, melepas pipa sambungan yang ada pada unit indoor supaya ini dapat dilepaskan dari rangkaian instalasi.

Setelahnya, unit indoor berhasil dilepas, langkah berikutnya adalah dengan menyemprot talang pada saluran pembuangan air hingga benar-benar bersih tanpa ada sisa kotoran yang keluar.

3. Salah instalasi

Kesalahan dalam instalasi pemasangan AC juga bisa menjadi penyebab AC bocor. Hal ini karena AC dipasang dengan posisi agak miring ke arah luar bagian belakang supaya air dapat mengalir melalui saluran pembuangan.

Apabila terjadi pemasangan yang salah, maka ini akan membuat air menetes keluar dari mesin dan membuat AC bocor karena air tidak tersalurkan menuju saluran pembuangan.

Untuk cara mencegahnya adalah dengan melakukan instalasi atau pemasangan ulang dengan jalan membuka chasing unit. Kemudian, tinggal atur kembali tingkat kemiringan yang lebih sesuai agar air dapat menetes dan mengalir lewat saluran pembuangan dengan benar.

4. Adanya debu dan kotoran

Penyebab AC bocor yang paling umum adalah terkena kotoran, debu dan benda asing yang mungkin menyumbat saluran pembuangan.

Dengan adanya tumpukan debu ini tentu saja akan membuat air keluar mencari jalur dan lubang dalam AC. Hal inilah yang membuat AC akan mengalami kebocoran karena air keluar dari jalur yang tidak normal atau semestinya.

Selain itu, adanya debu dan kotoran yang menumpuk terlalu lama tentu akan menyebabkan tumbuhnya jamur apabila tidak rutin dibersihkan. Pasalnya, jamur yang tumbuh dapat menjadi menyebar melewati udara yang dihasilkan oleh AC dan membuat udara di ruangan tidak bersih atau kurang sehat.

Untuk mengatasinya adalah dengan cara membersihkan secara berkala AC tersebut dari kotoran dan debu yang terdapat dalam unit kurang lebih setiap 6 bulan sekali, bisa menggunakan jasa service.

5. Air menetes di celah yang tersembunyi

Selain empat penyebab kebocoran AC di atas tadi, ternyata bocornya AC bisa disebabkan oleh air yang mendadak keluar dari celah tersembunyi.

Biasanya, celah tersebut akan terlihat apabila dipeeriksa dengan menggunakan senter atau pencahayaan karena ukurannya yang kecil.

Maka dari itu, untuk mengatasi masalah adanya tetesan air yang keluar dari lubang atau celah haruslah diperbaiki dengan menggunakan jasa profesional.

6. Blok es pada evaporator akibat kurang freon

Adanya tekanan pada freon di AC atau freon AC bocor ini biasanya dapat membuat pipa evaporator membeku dan menyimpan bongkahan es.

Kemudian, adanya bongkahan es ini biasanya akan memenuhi sistem drainase AC dan menjadi mencair sehingga dapat menimbulkan tetesan air pada ruangan.

Guna mencegah hal ini adalah dengan cara menambahkan freon pada setiap unit AC.

7. Filter AC yang kotor

Apabila ada filter AC yang kita miliki di rumah tersebut kotor karena debu atau hal lainnya, hal ini biasanya akan menyebabkan aliran udara ke evaporator tidak lancar hingga dapat menyebabkan suhu menjadi turun.

Namun, saat AC dimatikan sebaliknya justru dapat terjadi pemanasan pada AC yang dapat mengakibatkan es mencair dan berkumpul di mesin.

Nantinya, air yang bocor dari AC bisa menjadi penyebab tetesan keluar melebihi jumlah kapasitas.

Adapun, untuk mengatasi adanya permasalahan ini adalah dengan menggantinya atau membersigkan filter AC secara rutin dan berkala.

8. Selang AC tersumbat

Adanya selang yang tersumbat juga dapat menjadi pemicu AC bocor karena biasanya selang yang bocor ini disebabkan munculnya kotoran dan lumut, sehingga air tersebut tidak dapat mengalir dengan baik.

Guna mengatasi permasalahan selang AC yang tersumbat dan dapat menimbulkan kebocoran cukup diganti saja dengan cara diperiksa terlebih dahulu.

Lalu perlu diingat juga agar jangan mencoba untuk menambal selang yang bocor karena hal ini dirasa tidak efektif dan hanya sebuah solusi jangka pendek dalam mengatasi masalah kebocoran AC.

Ada baiknya kamu tidak menambal selang karena hal ini hanyalah solusi jangka pendek yang tidak akan mengatasi masalah.

Rate this post