Beragam Fungsi Mode Pada AC Remote

Beragam Fungsi Mode Pada AC Remote

Pada remote AC, tombol menu “mode” mungkin termasuk jarang diketahui fungsinya dengan baik. Padahal, dengan mengetahui fungsi mode pada AC tersebut, AC bisa digunakan secara lebih efisien dan praktis.

Menu mode tersebut diketahui ada cukup banyak sehingga bagi kamu yang mempunyai AC di rumah harus mengetahuinya. Nah, untuk mengetahui fungsi dari menu mode, kamu dapat lihat informasi berikut ini.

Tombol Utama Pada Remote AC

Tombol Utama Pada Remote AC

Sebelum membahas fungsi mode remote, terlebih dahulu perlu diketahui juga tentang berbagai tombol dan komponen utama yang ada di remot. Berikut adalah penjelasan tentang menu tersebut.

1. Display

Hal pertama yang terdapat pada remote AC adalah display. Seperti namanya, bagian ini berfungsi untuk menampilkan berbagai informasi terkait suhu serta informasi pengaturan lainnya. Dengan melihat layar ini, kamu dapat melihat suhu yang diterapkan.

Layar display ini ukurannya hanya kecil. Jadi, di layar hanya dapat ditampilkan informasi secara sederhana. Dengan adanya pemberitahuan pada display ini, pengguna dapat melakukan pengaturan AC secara lebih mudah.

Baca Juga: Penyebab AC Bocor: Coba Betulkan Secara Mandiri

2. Temperatur

Berikutnya ada juga menu tombol temperatur. Pada tombol ini fungsi utamanya adalah untuk melakukan pengaturan suhu ruangan. Kamu dapat menaikkan ataupun menurunkan suhu sesuai keinginan.

3. Timer

Tombol utama selanjutnya adalah timer. Tombol tersebut nantinya bisa digunakan untuk mengatur timer matinya AC. Jadi, kamu bisa mengatur AC pada hidup pada waktu tertentu sesuai kebutuhan.

Biasanya, timer ini sangat berguna bagi orang yang punya kesibukan yang mungkin tidak ingin lupa mematikan AC saat hendak pergi. Dengan adanya timer ini, pengguna sudah tidak perlu takut lupa mematikan AC lagi.

4. Air Swing

Tombol lain yang terdapat pada remot AC adalah air swing. Sesuai dengan namanya, tombol tersebut mempunyai fungsi untuk mengatur arah hembusan angin. Cara kerjanya adalah dengan mengubah arah swing yang terdapat di AC.

Arah hembusan angin dapat diubah naik, turun, kanan, ataupun ke kiri. Hal ini dapat berguna saat kamu ingin mengarahkan udara AC ke tempat yang diinginkan. Selain itu,

5. Transmiter

Transmiter merupakan sebuah hal yang umum terdapat pada berbagai jenis remote. Tugas dari alat tersebut adalah memberikan perintah ke receiver. Agar pemberian perintah bisa dilakukan dengan lancar, posisi dari transmitter mesti lurus ke arah receiver.

Namun, perlu diketahui bahwa setiap merek AC punya kemampuan transmiter yang berbeda-beda. Bisa saja merek A dapat menerima perintah optimal pada jarak 10 m, tetapi merek B ternyata kurang dari itu.

Fungsi Mode Pada AC

Pada setiap remote AC, selain ada tombol utama biasanya juga diberikan tombol mode. Fungsi mode pada AC tersebut ada cukup beragam di setiap merek AC yang ada.

Akan tetapi, terdapat beberapa mode yang umum ada di remote AC. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui fungsi tersebut, langsung saja ikuti penjelasan berikut ini.

1. Cool

Mode Cool tersebut dapat membuat ruangan menjadi lebih dingin. Pada umumnya, mode seperti ini akan sangat membantu di saat kondisi di luar memang sedang panas dan terik.

Secara otomatis, mesin AC akan melakukan penurunan suhu agar ruangan menjadi lebih sejuk dan juga nyaman digunakan. Untuk mode cool ini, umumnya dapat dijumpai di hampir semua merek AC yang ada.

2. Dry

Fungsi mode pada AC berikutnya adalah Dry Mode. Pada tipe Dry umumnya digambarkan menggunakan simbol tetes air. Mode ini digunakan untuk membuat kandungan air yang terdapat di udara bisa dikurangi sebelum dihembuskan keluar AC.

Oleh karena kadar air udara yang dihembuskan ke ruangan berkurang, maka angin hembusan yang dihasilkan sifatnya lebih kering. Alasannya tentu karena tingkat kelembaban udara yang keluar sudah dikurangi.

Baca Juga : Penyebab AC Outdoor Mati, Langkah untuk Pengecekan di Rumah

3. Fan

Mode berikutnya adalah Fan Mode. Berdasarkan namanya, tentu bisa diterka bahwa maksud dari Fan Mode ini adalah mengubah AC menjadi seperti kipas angin. Artinya, kipas AC outdoor akan dimatikan sehingga energi terpusat pada AC indoor.

Dengan pengaturan mode fan tersebut, otomatis kinerja AC indoor akan lebih terfokus. Melihat kondisi tersebut tentu membuat fungsi AC kurang lebih menjadi seperti kipas angin (Fan).

4. Auto

Mode lain yang biasa dijumpai pada AC adalah auto mode. Mode ini bisa dikatakan paling pintar karena dapat menyesuaikan keadaan lingkungan sekitar ruangan. Jadi, pada saat kondisi panas, maka suhu akan diturunkan dan sebaliknya.

Penggunaan auto mode ini tentu berbeda-beda tiap merek. Hal itu kembali lagi disesuaikan dengan teknologi yang digunakan, kekuatan, serta berbagai hal terkait lainnya.

Namun, pada model AC terbaru kamu dapat menemukan mode ini dengan mudah.

Kurang lebih seperti itu tadi penjelasan mengenai fungsi mode pada AC beserta tombol utamanya. Dengan mempelajari fungsi dari setiap tombol pada remote AC, tentunya akan membuat alat tersebut dapat digunakan secara optimal.

Rate this post