7 Cara Agar AC Hemat Listrik Terbukti Ampuh

7 Cara Agar AC Hemat Listrik Terbukti Ampuh

Banyak orang mencari tahu cara agar AC hemat listrik karena perangkat elektronik tersebut memang terkenal akan konsumsi dayanya yang besar. Jika Kamu juga mengalami masalah serupa, maka artikel ini bisa menjadi jawabannya.

Pada kali ini, akan dijelaskan beberapa tips dan cara supaya AC menjadi lebih hemat listrik. Dengan demikian, tidak ada kasus lagi tagihan listrik membengkak hanya karena penggunaan alat pendingin tersebut.

Meski begitu, cara ini hanya untuk menghemat saja dan mungkin hasilnya akan berbeda-beda setiap orang. Oleh karena itu, agar hasilnya lebih maksimal Kamu bisa mencobanya satu per satu.

Cara Agar AC Hemat Listrik dan Efisien

Cara Agar AC Hemat Listrik dan Efisien

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Kamu lakukan agar AC yang digunakan tidak terlalu mengonsumsi listrik yang besar.

1. Memilih AC PK rendah

Cara pertama yang bisa Kamu lakukan adalah memilih AC dengan PK yang rendah. PK atau Paard Kracht merupakan daya yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah unit AC.

Biasanya satu unit AC dengan ukuran 1 PK memiliki konsumsi daya sekitar 350 hingga 700 watt. Semakin kecil ukurannya, maka semakin kecil pula listrik yang dikonsumsi.

Kamu bisa mencoba menggunakan AC dengan PK paling rendah, yakni ½ PK. Untuk lebih jelas, silakan perhatikan panduan memilih AC berdasarkan ruangan berikut ini.

  • ½ PK untuk ruangan sekitar 10 meter persegi
  • ¾ PK untuk ruangan berukuran 14 meter persegi
  • 1 PK untuk ruangan berukuran 18 meter persegi
  • 1 ½ PK untuk ruangan berukuran 24 meter persegi
  • 2 PK untuk ruangan 36 meter persegi

2. Mengatur suhu di angka 24 derajat

Kebanyakan pengguna pasti memasang suhu 16 derajat dengan tujuan membuat ruangan menjadi lebih dingin dan sejuk. Padahal, jika itu dibiarkan setiap hari, tagihan listrik kemungkinan besar akan melonjak cukup tinggi.

Oleh karena itu, hindari terlalu memaksa di batas maksimal suhu. Akan jauh lebih baik jika Kamu mengatur di angka 20-22 derajat ketika kondisi ruangan memang sedang cukup gerah.

Akan tetapi, dalam kondisi normal, atur suhu ke 24 derajat celcius agar konsumsi listrik menjadi lebih rendah. Hal tersebut akan jauh membantu agar konsumsi listrik tidak terlalu besar.

3. Menutup ruangan saat AC menyala

Membiarkan ruangan terbuka ketika sedang menyalakan AC akan berdampak cukup buruk. Pertama, kesejukan tidak akan terlalu terasa karena terpengaruh kondisi udara luar.

Kedua, AC juga akan menjadi lebih boros karena target temperatur optimal tidak bisa tercapai diakibatkan udara dingin keluar. Jadi, pastikan ruangan tertutup mulai dari pintu, jendela, hingga ventilasi udara.

Kebanyakan orang masih sering mengabaikan hal ini entah karena lupa atau memang tidak terlalu memperdulikan. Padahal, ketika mendapati tagihan listrik membengkak, hal tersebut harusnya sudah lumrah terjadi.

4. Mengatur kecepatan kipas paling rendah

Selanjutnya, salah satu cara agar AC hemat listrik adalah mengatur kecepatan fan menjadi yang paling rendah. Rata-rata produk AC saat ini mempunyai 3 hingga 5 tingkat kecepatan kipas.

Untuk menghemat konsumsi listrik, Kamu bisa menggunakan settingan paling rendah atau pertengahan. Kecepatan yang terlalu tinggi akan membuat kompresor menjadi lebih berat dan cenderung boros.

Selain itu, alternatif yang bisa digunakan adalah menyalakan mode auto. Dalam mode ini, kecepatan kipas akan kencang di permulaan dan turun perlahan-lahan ketika suhu udara kembali normal.

5. Melakukan perawatan rutin

Satu hal penting namun sering disepelekan adalah melakukan perawatan secara rutin. Semakin lama unit digunakan, pastinya debu dan kotoran akan mulai menempel pada komponen-komponen AC.

Hal tersebut akan membuat kerja AC menjadi lebih berat. Akibatnya, konsumsi listrik akan menjadi lebih besar.

Setidaknya lakukan perawatan rutin setiap 3 bulan sekali untuk memastikan kondisi AC tetap normal. Kamu bisa membersihkan debu dan kotoran yang menempel secara mandiri atau menggunakan layanan servis AC terdekat.

6. Memakai AC inverter

AC yang sudah mengadaptasi teknologi inverter mempunyai kompresor lebih canggih dan menurunkan beban yang dijalankannya. Dengan demikian, konsumsi daya pun akan menjadi lebih rendah.

Bahkan, AC jenis inverter memiliki kemampuan menurunkan konsumsi listrik hingga 30%, tergantung dari penggunaan. Memang harganya cenderung lebih mahal, namun untuk kepentingan jangka panjang sepertinya ini harus dipertimbangkan kembali.

7. Tetap menyalakan meskipun keluar ruangan sebentar

Banyak orang yang berpikir untuk menghemat listrik maka AC dimatikan ketika meninggalkan ruangan, meskipun hanya sebentar. Namun, yang terjadi justru malah sebaliknya.

Untuk menghidupkan mesin, kompresor membutuhkan daya lebih besar dan tentu saja akan memakan konsumsi listrik. Oleh karena itu, jika hanya ditinggal kurang dari 1 jam, sebaiknya tetap nyalakan AC.

Itulah tadi beberapa cara agar AC hemat listrik, baik untuk rumah pribadi maupun kantor. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Rate this post